Adi's Blog

Jangan Salahkan Saya Jika Ilmu Anda Bertambah …

Web Mesin Penjawab

Jika ada mesin pencari, sekarang mulai marak bermunculan mesin penjawab secara otomatis yang akan bisa menjawab pertanyaan dari kita. Para ahli komputer mengklaim bahwa dengan mengunakan teknologi unik mereka telah menciptakan sebuah ‘website pintar’ yang bisa memberikan jawaban langsung dari pertanyaan-pertanyaan.

Terus bedanya apa mesin penjawab dengan wikipedia, bukankah di wikipedia semuanya ada ?

Ya jelas bedalah wikipedia mah cuma berisi artikel dari informasi yang ada, nah kalo mesin penjawab web yang benar-benar bisa menjawab pertanyaan dari sang user, keren ya. Web ini tentu saja memakai AI (artificial intelligence) untuk bisa menjawab pertanyaan dari user.

Yang saya ketahui sih sampe sekarang baru ada 3 web mesin penjawab,yaitu

Yah tentunya ketiga web ini menggunakan phrase dalam bahasa inggris, tapi menurut saya yang paling mendekati kepuasan dari user adalah answer.com dan trueknowledge.com, menurut saya wolframalpha belum memenuhi kebutuhan saya, mungkin berbeda dengan anda, wolframalpha kalo menurut saya lebih ke orang-orang matematika :lol:

Tapi terakadang answer.com juga terkadang agak aneh, dan yang terbaik dari beberapa aspek “menurut saya” adalah trueknowledge.com. Coba saja anda bandingkan sendiri, yang mana menurut anda lebih cocok dengan keinginan anda. Yah walaupun dari segi banyak nya jawaban masih kurang banyak dibanding web lain nya. Secara bijak kita gunakan saja ketiganya, jangan terlalu idealis menggunakan hanya satu mesin, :)

Makanya saya cuma membahas trueknowledge.com, hahaha, :lol:

Menurut pembuatnya, situs http://www.trueknowledge.com adalah sebuah ‘mesin penjawab’ di internet yang mampu memberikan jawaban langsung pada pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Demikian seperti yang dikutip dari New Kerala

Co-founder dari trueknowledge, William Tunstall-Pedoe, yang berbasis di Cambridge, mengatakan bahwa website tersebut adalah sebuah ‘phone-a-friend’ di internet, yang bisa menjawab triliunan pertanyaan.

“Yang baru adalah kini telah hadir sebuah website yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan,” ujar Tunstall-Pedoe.

Website True Knowledge tidak memberikan kepada pengguna refrensi dari artikel yang bersangkutan dengan pertanyaan yang diberikan, namun memberikan langsung jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diberikan. Sebagai contoh, coba tanyakan ulang tahun dari Bob Dylan, dan True Knowledge akan menjawabnya. Apabila situs tersebut tidak tahu maka ia akan memberitahu kalau ‘ia tidak tahu’, jelas Tunstall-Pedoe.

“Meskipun begitu, True Knowledge tidak tahu segalanya. Oleh karena itu kami akan memasukkan lebih banyak informasi lagi. True Knowledge menggunakan teknologi semantik yang unik, yang mana pengembangannya membutuhkan banyak waktu,” tambah Tunstall-Pedoe.

Memang “menurut saya” (lagi-lagi menurut saya, haha :lol:) trueknowledge belum terlalu banyak bisa menjawab pertanyaan saya, yah mungkin karena masih dalam tahap beta.

Ini dia mungkin sedikit gambar dari ketiga web tersebut

-adi-

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

