Adi's Blog

Jangan Salahkan Saya Jika Ilmu Anda Bertambah …

Opera 10.10: Web Browser dan Web Server dalam Satu Paket

Dengan banyak pesaing yang kuat dari Mozilla dan Microsoft, satu hal yang Opera dapat lakukan agar tetap kompetitif adalah inovasi. Meskipun bukan salah web browser favorit bagi para pengguna komputer, Opera selalu selangkah di depan dibandingkan yang lainnya, tidak peduli lebih baik atau lebih buruk.

Dengan versi 10.10, Opera telah mengambil langkah besar ke dalam suatu tanda tanya sejauh ini, menggabungkan web browser dengan web server. Ini menjadikannya unik dalam dunia web browser, tapi selalu saja ada pertanyaan apalah semua fitur yang ada memang dibutuhkan oleh para pengguna atau hanya membuat pusing para pengguna?

Dengan Opera Unite mengintegrasikan browser, internet menjadi sebuah masalah baca atau tulis. Anda dapat membagikan foto, mendengarkan musik, melayani atau chat atau bahkan seluruh web site langsung dari browser anda. Di Opera, mereka selalu memiliki harapan tinggi untuk teknologi. Dari website resmi: �Our devices will evolve. From in-dash computers in trucks to entertainment systems in airplanes, and from a netbook in North Dakota to a phone in North Africa, every device is both a consumer and a provider of content”.

Konspe ini sangatlah menarik, tapi internet telah bergeser ke arah yang lain dalam beberapa tahun terakhir. Daripada menjalankan sesuatu pada komputer anda, aplikasi anda dan data anda tersimpan dalam internet, dengan semua sumber dan know-how disediakan oleh sebuah perusahaan seperti Google. Jadi ya, dengan Opera Unite, anda dapat menjalankan sebuah web site pada komputer rumah anda, tapi anda juga akan dapat masalah mengenai bandwidth; dengan web site Google, anda dapat dengan mudah membuat sebuah web site tanpa harus memikirkan bandwidth, tapi anda berada pantauan Google. Sejauh ini, tanpa memikirkan privasi dan masalah keamanan, awan komputer telah mengambil alih, dan itu sulit dibayangkan. Opera membalikan ombak ke arah yang lain. Beberapa aplikasi Unite, seperti media server atau chat, mungkin berguna untuk memperoleh simpati.

Fitur lain yang menarik adalah teknologi Opera Turbo, yang mempercepat kecepatan browsing dengan memperkecil halaman web pada server Opera dan menampilakn versi “lite” pada anda, Opera Link, di mana membuat anda dapat mensinkronisasi data dengan beberapa komputer, sebuah tampilan baru dengan tab yang dapat diatur, dan sebuah download manager untuk BitTorrent. Lihat semua fiturnya di sini.

opera10.10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: