Adi's Blog

Jangan Salahkan Saya Jika Ilmu Anda Bertambah …

Resolusi Mata Manusia 130 Mega Pixel

mata
Kamera digital terbaik semisal DSLR Canon EOS 450D memiliki resolusi efektif sekitar 12.2 Mega Pixel, maksudnya di dalam kamera Canon EOS 450D terdapat 12.2 juta sensor peka cahaya yang berfungsi menangkap cahaya yang berada di depan kamera,. Cahaya ini selanjutnya diolah kamera dan dijadikan file gambar dengan format tertentu, misalnya JPG, TIF atau format lainnya. Dengan berat body sekitar 475 gram, Canon EOS 450D tergolong kamera tercanggih yang ada di muka bumi ini


dslr
Tapi ternyata, dalam tubuh kita, tanpa kita sadari ternyata terdapat peralatan optik yang kapasitasnya melebihi peralatan optik terbaik di dunia. Mata kita ternyata memiliki resolusi yang sangat tinggi, sekitar 130 Mega Pixels per satu mata (untuk mata normal), dengan berat hanya sekitar 7 gram saja dan diameter sekitar 24 milimeter.

Pada kamera digital sensor penangkap cahaya biasanya terbuat dari bahan CMOS, sejenis semikonduktor yang tersusun dalam bentuk segi empat. Pada retina mata manusia terdapat sel penangkap cahaya yang jumlahnya sekita 130 juta sel yang disebut sel fotoreseptor. Fotoreseptor merupakan satu-satunya jenis sel di dalam tubuh manusia yang mampu mengubah cahaya yang masuk ke retina mata menjadi sinyal listrik yang akan dikirim ke otak.

Sel fotoreseptor ternyata bentuknya tidak seragam, ada yang berbentuk kerucut dan ada yang berbentuk batang. Anehnya sel batang memiliki jumlah yang luar biasa, sekitar 125 juta sel. Sel batang sangat sensitif terhadap perubahan cahaya namun anehnya tidak mampu membedakan warna yang diterima. Sisanya sekitar 6 juta sel merupakan sel kerucut, sangat sensitif terhadap warna dan mampu membedakan warna dengan sangat baik. Masing-masing bentuk sel dengan perbedaan jumlah yang mencolok tentulah memiliki tujuan tertentu. Begitulah, mata kita dengan resolusi 130 Mega Pixelnya merupakan sebagian kecil organ tubuh kita yang sangat luar biasa.

Maka dari itu, kita harus bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Manusia adalah makhluk ciptaan-Nya yang paling sempurna

sumber : inilah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: