Adi's Blog

Jangan Salahkan Saya Jika Ilmu Anda Bertambah …

Tak Kenal Maka Tak Suka (C#)

c#

Kebutuhan akan penggunaan program tidak lagi hanya terbatas pada peralatan berupa personal computer, program juga digunakan pada consumer-electronic devices (cell phones dan PDA) sehingga menciptakan persoalan dan kebutuhan yang baru. Integrasi komponen software yang berbeda bahasa juga semakin sulit. Kebutuhan pengembangan aplikasi berbasis Web yang terkoneksi dengan Internet juga sudah semakin banyak. Pengembang software sadar bahwa mereka membutuhkan software yang dapat digunakan siapa saja dan dapat digunakan pada semua perangkat yang ada (PC, cell phones, PDA, dll).

Untuk menjawan semua permasalahan dan kebutuhan diatas pada tahun 2000 Microsoft meluncurkan bahasa pemrograman baru yang diberi nama  C# Programming Language. C# dikembangkan oleh Microsoft oleh tim yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg dan Scott Wiltamuth. C#memiliki kesamaan bahasa dengan C, C++, dan Java, sehingga memudahkan developer yang sudah
terbiasa dengan bahasa C untuk menggunakannya, C# mengambil fitur-fitur terbaik dari ketiga bahasa tersebut dan juga menambahkan fitur-fitur baru. C# adalah bahasa pemrograman Object Oriented dan memiliki  class library yang sangat lengkap yang berisi prebuilt component sehingga memudahkan programer untuk men-develop program lebih cepat. C# juga distandarkan oleh Ecma International pada bulan desember 2002.

Pada akhir tahun 2005 Microsot merilis .NET Framework 2.0 bersamaan dengan paket Visual Studio. Otomatis versi dari C# juga diperbaharui menjadi C# 2.0 yang berjalan diatas .NET Framework 2.0. Pada versi baru ini banyak sekali fitur-fitur yang ditambahkan terutama pada pengembangan aplikasi berbasis web dengan ASP.NET seperti (master page, site map control, user login, dll), juga penambahan generic collection yang sangat membantu programer bekerja dengan object-object collection dan list. Dengan C# dapat dibuat bermacam aplikasi seperti aplikasi console, aplikasi windows form, aplikasi Web, aplikasi Web services, dan aplikasi untuk mobile device. Jadi cukup belajar satu bahasa saja tapi sudah dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi. Intinya C# adalah gabungan dari Java, Visual Basic dan C++ .

Microsoft .NET Framework
Pada tahun 2000 Microsoft mengumumkan .NET Initiative yaitu sebuah visi baru dalam pengembangan software dan aplikasi berbasis Web. Salah satu aspek kunci pada .NET adalah independent terhadap bahasa maupun platform yang digunakan. Pengembang dapat membuat aplikasi berbasis .NET dengan sembarang bahasa yang kompatibel dengan .NET.

Programer dapat saling berkontribusi dalam mengerjakan project yang sama dengan menulis program dalam bahasa yang didukung oleh .NET  (C#, Visual Basic .NET, Visual C++ .NET, dll). Untuk pengembangan aplikasi berbasis Web dan aplikasi Web services digunakan ASP.NET yang juga dapat ditulis dengan beberapa bahasa yang didukung oleh .NET Framework.

Ada dua komponen utama dalam .NET Framework yaitu CLR (Common Language Runtume) dan FCL (.NET Framework Class Library). Common Language Runtime (CLR)  adalah pondasi utama dari Framework .NET. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap beberapa tugas, seperti mengatur managemen memory, melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, menentukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai tugas lainnya. Dengan adanya komponen CLR ini, maka aplikasi berbasis .NET biasa juga disebut dengan managed code, sedangkan aplikasi di luar .NET disebut dengan un-managed code. Pada .NET ada dua tahap kompilasi yang dilakukan, pertama CLR akan melakukan kompilasi kode-kode aplikasi kita menjadi bahasa assembly MSIL (Microsoft Intermediate Language), kedua ketika aplikasi dieksekusi compiler yang lain yang bernama JIT (Just-in-time compiler) yang juga salah satu kompenen dalam CLR untuk menterjemahkan MSIL kedalam bahasa mesin yang disesuaikan dengan platformnya. .NET Framework Class Library atau disebut juga Base Case Library (BCL) adalah koleksi yang dapat digunakan kembali (reusable types) yang terintegrasi dengan CLR.  Class library  adalah komponen object oriented yang akan menyediakan method-method berupa managed code. FCL menyediakan kemudahan  dalam hal penggunaan dan juga dapat mengurangi waktu yang diperlukan pada saat eksekusi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: