Adi's Blog

Jangan Salahkan Saya Jika Ilmu Anda Bertambah …

Cloud Computing

cloud computing

Cloud Computing adalah paradigma baru dalam dunia IT, tren ini merupakan gabungan pemanfaatan dari teknologi komputer dengan pengembangan berbasis Internet (Cloud). Awan itu sendiri adalah metafora dari internet. sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

Cloud Computing adalah suatu moda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapt mengakses nya lewat internet. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server.

Namun Cloud Computing di Indonesia sangat terbentur dengan sarana dan prasaran yang ada. Karena minim nya bandwidth yang tersedia. Karena nya minat pasar pada cloud computing di Indonesia masih sangat rendah. Di samping itu implementasi nya pun juga lambat. Padahal, di luar negeri, solusi ini sudah membumi beberapa tahun terakhir. Namun, adopsinya di Indonesia masih rendah, kita masih ketinggalan.

Tidak usah jauh-jauh, di Singapore, teknologi cloud computing ini sudah ada sejak tahun 1995an. Dan implementasinya pun sudah rampung. Sementara Indonesia mungkin butuh dua sampai tiga tahun lagi.

Pada tahun 2009 Cloud Computing ini makin menjadi perbincangan di kalangan dunia IT Internasional. Mereka saling menjalin kemitraan untuk mewujudkan infrastrukturnya. Ada pula perusahaan yang mengeluarkan perangkat lunak dan keras.

Sementara ini Cloud Computing yang baru terasa adalah dengan cita rasa dari Google, yaitu fitur nya yang bernama Google Docs.

Jikalau dulu hanya berbentuk seperti Office online sekarang Google Docs memberikan hard disk virtual untuk menyimpan data dalam berbagai macam format, video, audio, text, gambar dan lain lain.

Hal ini dikarenakan Google ingin merajai dalam komputasi awan (cloud computing) dan merespon tantangan Microsoft Office, Apple dan semua perusahaan-perusahaan lain yang mencoba dalam bisnis ini.

Berkembangnya teknologi jaringan Internet menjadikan industri cloud computing tren baru dalam penyimpanan data. Begitu juga dengan munculnya netbook yang terkadang hadir dengan hard-disk lebih kecil.

Dengan cloud computing Anda tak perlu risau kehilangan data disaat batere habis atau lupa bawa flash disk atau cd. Kini Anda bisa membukanya di mana saja dan kapan saja dengan syarat harus terkoneksi dengan Internet.

google docs

Bisa di lihat video tentang Cloud Computing.

Cloud Computing [Part 2]

One response to “Cloud Computing

  1. Pingback: Cloud Computing [Part 2] « Manguri's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: