Adi's Blog

Jangan Salahkan Saya Jika Ilmu Anda Bertambah …

Internet Unlimited 3 [Part 2]

Tulisan ini sebenernya adalah lanjutan dari postingan saya sebelumnya di sini

Mukaddimah

Tapi kali ini saya tidak membahas perbandingan dengan provider lain, tp saya fokus dengan 3 nya saja. Udah 3 bulan saya memakai Internet Unlimited 3, tiap hari, minggu dan bulan saya mengamati bagaimana perkembangan Internet Unlimited 3 ini.

Perlu di ketahui saya pelanggan tetap kartu 3, bahkan saya punya kartu 3 ini ada 3 biji, hehe. Tapi saya tidak akan subjektif, karena saya ingin memberi informasi yang real dan objektif untuk kepentingan kita semua.

Perlu diingat provider 3 ini, bisa dibilang baru di Indonesia, tidak seperti provider lain yang sudah berpengalaman. Wajar saja jika sistem yang di punyai ini masih tergolong kurang. Masih banyak kekurangan nya, sms sering nyasar lah, telpon suka ga nyambung, dan sekarang 3 menyediakan Internet Unlimited, yang notabene nya masih meragukan, hehe.

Pembahasan

Dalam pembahasan kali ini saya akan membandingkan pemakaian Dulu (3 bulan yang lalu) dan Sekarang.

Quota

– Dulu : pertama kali saya menggunakan 3 ini, 3 bilang Internet Unlimited nya benar2 real Unlimited, tidak memakai Quota. Dari situlah saya tertarik menggunakan 3. Dulu saya menggunakan cukup puas dan serasa seperti di manjakan oleh 3 ini, karena saya bisa mendownload sebanyak-banyak nya, tanpa perlu khawatir oleh Quota yang menyebalkan seperti provider lain.

– Sekarang : Ternyata 3 menggunakan sistem Quota juga seperti provider yang lain. Quotanya adalah 6 Giga per bulan. Memang lebih besar di banding yang lain.

Tarif

– Dulu : 3 bulan yang lalu harga 1 bulan nya hanya 85 ribu (blm ppn)

– Sekarang : Agak sedikit naik yaitu 99 ribu (blm ppn) perbulan, dan 29 ribu per minggu (blm ppn).

Perlu diketahui jika anda mengisi pulsa dengan minimal pengsiian 50 rb, maka anda akan mendapatkan kecepatan normal yaitu 768 Kbps, jika tidak anda hanya akan mendapatkan kecepatan 384 Kbps.

Bandwidth Speed

Dengan asumsi saya mendapatkan Sinyal Full HSDPA

– Dulu : 3 bulan yang lalu saya memakai 3 ini, mampu mendownload dengan kecepatan rata-rata 1.4 Mbps atau setara dengan kira-kira 175 Kb/s

– Sekarang : Dan sekarang kecepatan nya hanya 768 Kbps atau setara dengan 96 Kb/s. Perlu di ketahui sekarang 3 menggunakan sistem isi ulang 50 ribu, maksudnya adalah jika user mengisi minimal pengisian 50 ribu, maka user akan mendapatkan kecepatan normal sebesar 768 Kbps, jika di luar itu maka user akan mendapatkan kecepatan 368 Kbps. Sekarang juga 3 menggunakan sistem Quota, jika melebihi Quota nya maka kecepatan nya akan diturunkan menjadi 64 Kbps. Memang terdengar kabar buruk, tapi ada kabar baik nya, jika user sekarang dengan kecepatan 64 Kbps (yang memuakkan), jika ingin mencapai kecepatan normal, maka cukup isi ulang dengan minimal pengisian 50 ribu, dan jangan khawatir pulsanya tidak akan terpotong (Alhamdulillah).

Ini dia skrin sut, pada saat saya download pada sekitar jam 2an siang, kecepatan rata-ratanya adalah 60 Kb/s , dan saya coba speedtest pada jam 19.30, kecepatan nya turun menjadi hanya skitar 230 Kbps atau setara dengan 0.23 Mbps

Download pada jam 2 siang

Speedtest pada jam 19.30

Ping

– Dulu : 3 bulan yang lalu memang pelanggan yang menggunakan 3 masih belum banyak, karena 3 tidak mengiklan kan program Internet Unlimited ini. Jadi Internet ini cukup dikatakan stabil, bahkan sangat stabil, saya merasakan nya, walaupun di sore dan malam hari, yang keadaan nya sangat traffic sekali, tapi saya cukup nyaman menggunakan provider ini.

– Sekarang : Lain dulu, lain sekarang. Mungkin karena orang-orang telah berpindah ke pihak 3, jadi sekarang buanyak yang menggunakan Internet berbasis 3 ini. Dengan kata lain lemot banget deh sekarang kalau internetan pakai 3 ini.

Pingtest pada jam 9 pagi

Kesimpulan

Kelebihan (+) 
– Harga murah di banding provider lain
– Registrasi cukup mudah
– Tidak perlu memakai kartu khusus Internet, bisa memakai kartu 3 Reguler
– Kecepatan cukup tinggi dengan kecepatan 768 Kbps
– Jika Melebihi Quota 6 Giga, maka kecepatan aka diturnkan, dan user ingin mencapai kecapatan normal kembali, cukup mengisi ulang dengan minimal pengisian 50 ribu.

Kekurangan (-)
– Sinyal belum stabil
– Penetrasi 3g belum merata, hanya kota-kota tertentu saja.
– Karena GSM menggunakan bandwidth menyatu dengan telepon dan sms, jika traffic telepon dan sms dengan tinggi, akan terasa penuruna a speed yang signifikan.
– Ada Quota, 6 Giga perbulan, jika melebihi Quota, kecepatan akan dipangkas habis menjadi 64 Kbps.

Saya hanya membahas dari segi ini saja, saya tidak membahas dari segi yang lain, jika ada kekurangan dan kelebihan mohon di maafkan.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut silahkan menghungi 3 nya secara langsung

Contact 3

200 dr prabayar (Rp.300/panggilan)
0896 4 4000 123
0896 4 4000 100
0896 4 4000 200 dr nomor lainnya
3care@three.co.id
http://www.three.co.id/broadband

6 responses to “Internet Unlimited 3 [Part 2]

  1. Pingback: Setting Internet 3 Menggunakan Modem Sierra 881U « Manguri's Blog

  2. dedekusn 6 Agustus, 2010 pukul 8:49 pm

    terima kasih infonya… sy baru sehar mengunakan 3, masih belu tau + – nya

  3. Adhie 7 Agustus, 2010 pukul 8:10 am

    sama-sama, senang bisa memberi informasi yg berguna,😛

  4. Pingback: Internet Unlimited 3 [Part 4] « Manguri's Blog

  5. ashakura 6 Februari, 2011 pukul 8:58 pm

    thx infonya…baru 3 hari pke 3…rencananya bwt maen game online…tapi,hadeeehh..ga bisa connect bwt ngegame,tapi klo bwt browsing lancar bro…!!download blom stabil,sering ngedrop…ckckckck

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: